Interface website yang buruk

2010
09.22

Interface merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah website. Hal ini yang akan memengaruhi user dalam menangkap informasi yang terkandung pada website tersebut. Jika interface suatu website buruk, hal itu akan berpengaruh terhadap pembaca websitenya.

Guna memenuhi tugas Mata Kuliah Interaksi Manusia Komputer semester ganjil 2010-2011 Dept. ILKOM IPB, saya mengambil website http://www.dokimos.org/ajff yang merupakan situs keagamaan kristiani sebagai website dengan interface yang buruk.

http://www.dokimos.org/ajff

Saya berkata demikian atas dasar beberapa pertimbangan berikut:

  1. Tampilan background berwarna-warni yang bergerak-gerak yang sangat memusingkan mata.
  2. Terdapat gambar pintu yang ternyata merupakan sebuah link dan member efek terbuka bila disorot kursor, yang memiliki fungsi yang tidak jelas.
  3. Terdapat animasi berbentuk macan (atau entah apa..hehe) yang berlari namun bergerak mundur, hal ini pun merupakan pemubaziran yang tidak jelas fungsinya.
  4. Pada bagian kiri web terdapat best site, atau web stat yang juga tidak sinkron dengan fungsi situs ini untuk urusan keagamaan. Pada bagian kanan web pun terdapat gambar EVM yang juga tidak jelas kegunaannya. Juga terdapat link menuju internet explorer yang tidak sesuai dengan fungsi situs ini.
  5. Di atas gambar pintu terdapat tulisan dengan font dan bahasa yang tidak saya kenal, padahal default web ini adalah bahasa inggris.
  6. Link-link pada bagian tengah tidak terkesan sebagai menu utama dari website ini.

Demikian komentar dari saya, mohon maaf untuk web yang saya komentari ini ya.hehe…

Terima kasih.

Dimohon komentar yang membangun dari sobat sekalian yah…

7 Responses to “Interface website yang buruk”

  1. imame07 says:

    saya tidak mengerti isi dari web ini. tidak ada menu yang bisa diakses dll

  2. wahyus07 says:

    setuju.. saya tidak dapat memberikan komentar panjang-panjang karena tidak sempat melihat isinya. Jangankan melihat isinya, mata minus saya ini sudah tidak tahan dengan gerakan warna yang simultan

  3. yantia07 says:

    web tersebut saya akui juga kurang baik penataannya karena kurangnya analisis dan perancangan interface yang kurang…semoga bisa bermanfaat…

  4. lazuardir07 says:

    iya background-nya bikin pusing,,dan tampilanya tidak sejajar,,pokoknya ngga banget dah>>> :)

  5. lilis0782 says:

    Halaman web ini belum menggambarkan isi dari dibangunnya web tersebut sehingga ketika membuka tidak mampu mendapatkan suatu info dengan baik. Selain itu, warna-warna dan binatang yang berjalan membuat kepala pusing atau tidak nyaman. Dan banyaknya penggunaan bahasa atau kata kunci yang tidak jelas

  6. Ikrima Zone says:

    bacground yang warna-warni plus selalu bergerak bikin pusing, karenanya pula user jadi susah untuk membaca isi web tersebut.
    terdapat gambar yang tidak jelas pula apa maksudnya

  7. DEDE YULIAS NURUL MIFTAH says:

    tampilan menu tidak ada, dan perintah puna tidak ada, sehingga membuat user bingung harus bagaimana mengakses website ini, selain dari warna yang berjalan warna-warni yang membuat pusing, website ini bikin pengguna bosan

Your Reply

You must be logged in to post a comment.